Senin, 11 April 2011

Seri Diet – Makanan yang Mudah membuat Gemuk

Dalam doa bapa kami pada Matius 6:11 kita diajarkan untuk berdoa meminta makanan yang secukupnya. Ayat ini merefleksikan agar kita tidak menjadi orang yang serakah, dapat mengendalikan diri. Sesuatu yang berlebiihan itu memang menyebabkan ketidakseimbangn dan bisa menghasilkan hal yang tidak baik, hal ini berlaku juga untuk makanan yang kita konsumsi.

Hilangnya kendali dalam mengkonsumsi apa yang kita makan baik dalam jumlah yang over maupun jenis makanan yang merusak tubuh maka akan berefek negatif bagi tubuh kita.

Namun, terkadang karena kurangnya pengetahuan, kita makan makanan yang menurut kita baik tapi ternyata tidak. Oleh karena itu, pada edisi ini kami ingin berbagi tentang makanan apa saja yang mudah membuat gemuk yang kami sadur dari facebook marie frame bodyline Indonesia.
Berikut adalah jenis makanan yang gampang membuat gemuk dan jika kita tidak bisa menyingkirkan makanan jenis ini dari daftar menu, gantilah dengan jenis yang rendah kalori dan bebas lemak, atau tidak terlalu sering mengkonsumsinya.


1. Kentang. Apalagi jika proses pengolahannya menggunakan krim dan mentega. Bayangkan, 1/2 mangkuk saji saja sudah mengandung 200 kalori!


2. Permen. Selain mengandung jenis lemak jahat, kadar gulanya juga sangat tinggi. Begitu pula dengan donat, cake dan bolu gulung.


3. Es krim. Meski kenikmatannya sangat mengundang, es krim merupakan sajian yang amat tinggi kandungan lemak, gula dan kalori. Jadi, pertimbangkan kembali untuk menikmatinya jika Anda sedang berdiet.


4. Keripik kentang. Camilan yang gurih ini merupakan salah satu makanan yang paling berpeluang bikin gemuk karena kandungan garamnya sangat tinggi. Belum lagi kandungan lemak dan gulanya, sehingga total kalorinya tinggi. Di samping itu, keripik kentang banyak mengandung bahan pengawet, perasa dan pemanis buatan yang jelas-jelas dapat merugikan kesehatan.


5. Daging olahan. Kendati amat praktis, hot dog, sosis dan daging olahan sejenisnya, mengandung lemak jahat. Kadarnya yang begitu tinggi, sama banyak dengan kadar garam yang dikandungnya.


6. Jajanan gorengan. Makanan jenis ini kurang baik bagi kesehatan karena umumnya digoreng dengan minyak yang tidak diganti setiap kali menggoreng. Kandungan lemaknya juga sangat tinggi dan kurang terjamin kebersihannya jika dijajakan di pinggir jalan.


7. Makanan cepat saji. Di antaranya hamburger, nachos dan kentang goreng. Kandungan lemaknya sangat tinggi, begitu pula kandungan kalorinya. Sementara kandungan nutrisi yang menyehatkan, nyaris tidak ada.


8. Minuman bersoda. Meski mendatangkan kesegaran sesaat, minuman ini sama sekali tidak memiliki nilai-nilai nutrisi. Kecuali, kaya akan kandungan gula, sodium, dan kalori.


9. Sereal manis. Sereal dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, semakin menjadi ancaman bila bertemu dengan rasa manis dari gula. Makanan jenis ini akan meningkatkan gula darah dan menyebabkan tubuh menimbun lemak.


10. Susu whole milk. Meskipun kandungan kalsiumnya baik bagi tubuh, susu jenis ini memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi yang akan menambah timbunan lemak tubuh. Jadi, kalau ingin mengambil manfaat kalsiumnya, ganti saja dengan mengonsumsi susu yang bebas lemak atau minimal yang yang sudah dikurangi kandungan lemaknya.


11. Kuah daging. Kandungan lemak dan karbihidrat maupun kalorinya sama-sama tinggi.


12. Roti dengan krim atau mentega. Terutama yang terbuat dari tepung yang sudah mengalami proses penghalusan, sehingga tinggi kandungan lemak dan karbohidratnya. Kalau mau aman, coba mengonsumsi roti gandum, sehingga dapat menfaat dari seratnya.


13. Aneka Krim. Whipped cream yang sering dipakai sebagai penghias pada jus stroberi dan dressing salad, semuanya mengandung lemak tinggi, dan akan menjadi kalori tinggi jika tercampur dengan makanan sehat Anda. Sebaiknya, jika Anda sedang mengonsumsi makanan sehat, tidak usah dibumbui dengan aneka krim atau topping.


14. Mayonnaise. Memiliki sekian banyak ikatan lemak di dalamnya. Jadi, sebaiknya pakai sedikit saja jika Anda menginginkan.


15. Kopi Instan. Tahukah Anda bahwa secangkir kopi instan mengandung lebih dari 39 lemak? Nah, kalau tidak mau tubuh Anda jadi timbunan lemak, hitung secara cermat berapa jumlah kalori dari kopi instan yang masuk ke dalam tubuh

Mari kita jaga pola makan kita yang sehat agar tubuh kita menjadi sehat dan dapat mendukung kita dalam berkarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar