Jumat, 16 Mei 2014

Short Vacation in Singapore

Kali ini saya menikmati short vacation, tiga hari dua malam di Singapura. Saya memilih menginap di daerah East Coast yang arah Jo Chiat (East Coast Road cukup panjang dari pantai East Cost sampai persimpangan dengan jalan Jo Chiat) daerah yang belum saya eksplorasi selama ini.
Daerah ini tidak jauh dari bandara dan sebagian merupakan area reklamasi. Penduduk yang tinggal di daerah ini banyak kaum Peranakan dan tidak jauh dari sini adalah daerah keturunan kaum Melayu....oleh karena itu, saat belanja di mall di wilayah ini, 101 Katong dan Parkway Parade, banyak pramuniaga yang dapat berbahasa Melayu dan saat saya tanya apa mereka dari Indonesia atau Malaysia, mereka bilang bahwa mereka kelahiran Singapura.
Jo Chiat cukup terkenal karena heritage banget, rumah-rumahnya berderet rapih dan semuanya khas bangunan peranakan...disini juga banyak penjual makanan khas peranakan seperti laksa. Jalan ini ramainya di malam hari terutama weekend.
Hotel tempat saya menginap, Grand Mercure Roxy terletak di Opposite Marine Parade, yang sejajar dengan jalan East Coast, dari hotel hanya 3 menit berjalan kaki ke ujung jalan Jo Chiat Yang yang bersimpangan dengan jalan East Cost  yang ada mall 112 Katong.
Saya membeli kamar 2 malam, yang 1 malam menggunakan redeem voucher dari annual membership silver accor dan 1 malam pembelian harga member...dihitung-hitung lebih murah walau membayar membership tahunan tapi dapat 2 malam voucher yang value nya lebih besar (dengan catatan kita memang sudah plan mau jalan-jalan saat membeli membership).
Hotelnya bagus, bersih dan makanannya enak. Harga lebih murah dibandingkan hotel sekelasnya yang berada di pusat wisata lainnya. Hotel ini memang tidak dekat dengan MRT, station MRT Paya Lebar adalah yang terdekat tapi jauh jika berjalan kaki. Namun halte bis ada persis di depan hotel (nama haltenya Oppposite Parkway Parade) dan seberang hotel (nama haltenya Parkway Parade), jadi saya banyak menggunakan bis selama tinggal disini. No bis favorit saya pada trip kali ini adalah bus smrt nomor 36 yang melewati orchard-douby ghaut mrt station-brash basah-suntec-hotel.

Wisata Hari Pertama - Sabtu, 10 Mei 2014

Karena kami mendarat sudah sore sekitar jam 5 maka kami hanya memilih mengunjungi dua lokasi pada hari pertama.
Setelah pesawat Airasia mendarat (tiket ini hasil hunting promo kursi Rp 0 tahun lalu, jadi kami hanya membayar Rp 900 ribuan PP untuk pajak bandara Jakarta+Singapura, fuel, bagasi dan makanan), kami langsung menuju ke Ground Transportion Desk Terminal 1 yang mengurus shuttle dari hotel-hotel.
Waktu kami tepat sehingga tidak perlu menunggu karena shuttle bus Mercure Hotel baru saja datang saat kami turun ke lantai B1.
Perjalanan ke hotel hanya sekitar 15 menit, kami langsung check in, menaruh koper dan langsung keluar kamar untuk jalan-jalan.

Mall 112 Katong
Kami jalan kaki 3 menit melewati jalanan di samping kanan hotel menuju jalan East Coast yang terdiri dari deretan rumah khas peranakan, kami sampai di mall ini yang terletak di persimpangan jalan East Coast dan Jo Chiat.
Mall nya tidak besar tapi banyak tempat makan dan ada food court-food republic, kami makan bihun kuah ikan, porsinya lumayan besar tapi kami habiskan semua karena lapar.....
Mall ini menyediakan shuttle bus ke Paya Lebar MRT Station, jadwal dapat dilihat di www.112katong.com.sg/get-there dan halte nya di halte bis yang terletak di samping kiri mall.

Garden by The Bay
Kami naik shuttle bus mall 112 Katong ke Paya Lebar, sepanjamg jalan kami melihat apartemen dan perumahan yang lumayan bagus seperti real estate.
Setelah sampai di MRT Paya Lebar, kami naik MRT jalur warna orange, cicle line dan turun di Bayfront.
Baru kali ini saya menikmati Garden by The Bay di malam hari....tapi lampu-lampunya sedang tidak sumringah....ditambah kamera yang kurang canggih sehingga hasil foto saya kurang ok....sebagai gantinya kami berpuas-puas foto di depan wallpaper-wallpaper yang ada di jalanan koridor antara MRT Station dan lift menuju Garden by The Bay.

Wisata Hari kedua - Minggu, 11 Mei 2014

Buona Vista
Hari itu adalah hari Minggu, jadi saya sudah jauh-jauh hari merencanakan untuk beribadah minggu di gereja lokal, pilihannya New Creation Church. Saya memilih kebaktian 1 di pusat gereja ini yaitu di The Star Art Performance, Buona Vista (gereja ini juga ada di tempat lain seperti Marina Bay Sands, Great World City, Marina, Cathay Theatre, tapi untuk khotbah secara life dari Pastor Joseph Prince adanya di kebaktian 1 dan 2 di Buona Vista ini).
Kebaktian di New Creation Church yang bertempat di The Star Art Performance, Buona Vista harus mendaftar khususnya kebaktian 1 dan 2 untuk mengatur tempat duduk....tidak terbayang jika mereka tidak atur tempat duduknya, karena kapasitas gedung ini untuk 5,000 orang.
Jika hendak kebaktian disini, daftar dahulu dengan mengirim email ke info@newcreation.org.sg dan mereka akan membalas email kita.
Kebaktian dimulai pk 08.30 dan kami diminta hadir jam 7.45 untuk menemui tim pelayan disana, mengambil karcis yang bentuknya seperti karcisnya sistic dan tentunya mereka mengantar dan menemani selama menunggu kebaktian dimulai. Saat itu, selain kami juga ada belasan tamu dari negara-negara lainnya.
Saat kami masuk, ruang kebaktian masih kosong.....apa akan penuh, pikir saya saat itu...besar tempatnya, bisa menampung 5,000 orang....dan beberapa menit sebelum kebaktian beneran penuh!
Hari itu adalah ultah Pastur Prince, saya baru tahu di hari itu saat salah satu tim pelayan mengatakan kami beruntung datang hari itu karena akan ada acara special....acaranya memang bagus dan kreatif menceritakan asal mula pelayanan Pastur Prince...saya suka dengan tokoh kacoa-kacoa yang semula mudah mati dengan Baygon tapi setelah mengenal Tuhan mereka kuat karena sekarang mereka sudah ByGod (beda tipis lafal baigon dan baigod yah....beda n dan d saja). Dari drama musikal itu digambarkan mereka memulai komunitas ini dari 20 orang....sekarang anggotanya kalau tidak salah sudah mencapai 30,000 orang.
Setelah selesai kebaktian kami turun ke basement dan bersimpangan dengan begitu banyak jemaat yang akan kebaktian 2, ramai banget....untung tim pelayan yang mengatur kompak dan warga Singapura tertib dalam urusan antri mengantri, jadi semuanya berjalan dengan aman dan damai.
Kami makan bakmi di basement dan juga melihat-lihat beberapa toko sebelum naik MRT ke Holland Village.
Station MRT Buona Vista letaknya diluar gedung, di sebelah kiri gedung (seperti arah saya mem-foto gedung ini pada foto di bawah ini ).

Holland Village
Lokasi ini disebut Holland Village karena banyak expatriate yang tinggal di lokasi ini.
Lokasi ini dapat dicapai dengan MRT circle line, turun di Holland Village station, satu station dari MRT Buona Vista station.
Disini terdapat deretan pertokoan dan rumah makan. Salah satu bangunan disana ada yang memasang kincir angin khas holland diatasnya (....saya jadi inget toko roti holland bakery Jakarta, he....he...).
River Safari
Kami ke River Safari naik bus 138 dari Ang Mo Kiao yang merupakan terminal bus interchange yang terkoneksi dengan MRT jalur merah.
Di River Safari, kali ini kami ketemu panda Jia Jia sedangkan Kai Kai sedang istirahat (tahun lalu saat ke tempat ini, kebalikannya, kami hanya bertemu Kai Kai, sedangkan Jia Jia sedang check up).
Kami juga mengunjungi area-area river lainnya...dan kami bertemu keluarga ikan raksaksa, namanya Manatee di Amazon Flooded Forest...gede buangettts...anaknya aja sudah sebesar orang dengan berat 100 kg an...ema bapa nya lebih gede lagi.
Sejak awal memberi karcis, kami sudah membeli karcis termasuk boat ride. Namun apa dikata hujan turun, kami tidak jadi naik boat dan uangnya dikembalikan dalam bentuk voucher untuk membeli barang si toko souvenir....bakalan kapan-kapan kemari lagi deh, penasaran mau mencoba boat ride...hu...hu...hu....
Jalan-jalan di Ang Mo Kiao Mall, Orchard Road dan Suntec Mall
Singapore Sale baru dimulai akhir Mei, tapi beberapa toko sudah mulai sale, bahkan di Ang Mo Kiao Mall, Isetan sudah menggelar bigsale tas dan sepatu.
Pegel juga nyambung menyambung ke 3 tempat belanja ini, tapi sekalian juga karena memang arah balik dari River Safari ke hotel melewati 3 tempat ini.

Wisata Hari ke 3 - Senin, 12 Mei 2014

Parkway Parade Mall dan 112 Katong Mall
Karena kami bangun kesianfan 1 jam dari jadwal, maka rencana ke Asian Civilization museum kami batalkan dan hanya jalan-jalan di sekitar hotel....melihat Jo Chiat Road di siang hari dan mengunjungi lagi mall 112 Katong dan ke Parkway Parade.
Parkway Parade mall lebih besar dari 112 Katong, keduanya banyak tempat makanan, toko-toko baju dan di Parkway Parade ada Isetan yang saat itu juga sedang sale seperti yang di Ang Mo Kiao. Parkway Parade juga menyediakan shuttle bus ke Bedok MRT Station, jadwal dapat dilihat di www.parkwayparade.com.sg

Changi Airport
Kami suka berlama-lama main di airport ini, kali ini 3 jam sebelum terbang kami sudah sampai diantar oleh shuttle bus hotel yang ada setiap setengah jam ke Terminal 1 dan setiap 1 jam ke Terminal 2 dan 3 (jadwal bisa dilihat di www.grandmercureroxy.com.sg).
Tiga jam di Changi kagak terasa, jami keliling toko-toko disana, makan dan juga puas-puasin foto gratis di social tree di Terminal 1....aku suka yang template foto dengan baju astronot!
Di Changi, pesawat Airasia kami berada di Gate D30, termasuk gate depan....bravo, dapat gate yang tidak jauh, biasanya kalau naik Airasia dari Singapura dan bandara luar negeri lainnya, dapat gate yang paling ujung.
Namun sayangnya pesawat kami delay 30 menit karena "kemacetan" di bandara Jakarta saat pesawat berangkat menuju Singapura.
Saat kami mendarat, beruntung kami tidak kena "macet" tapi hanya sebentar menunggu antri parkiran pesawat.
Hhmmm, bagaimana yah kalau saya bilang ke pilot, "Kapten, biar cepet, parkir pararel saja!"... Tentu jawabannya, "Mana bisa, emangnya parkir mobil di mall?" he...he...