Kamis, 26 Oktober 2017

Mudahnya Apply Visa Kanada via Online

Nikmatnya berwisata itu buat saya dimulai dari prosesnya, bukan hanya proses terbang naik pesawatnya tapi proses hunting tiket pesawat, mencari hotel yang mur-mer dan tentunya proses appy visa. Ada berbagai pengalaman seru dan kadang suatu ketidakpastian yang bikin penasaran!
Saat apply visa Kanada, pertama saya dihadapkan pada 2 pilihan, apply via VFS atau langsung ke kedutaan. Tentu kedutaan donk kalo bisa langsung…supaya tidak perlu bayar biaya service (hanya biaya visa saja), tapi katanya sekarang ngak terima aplikasi langsung. Ya, benar sekarang apply ke kedutaan bisanya via online. Fine, tapi gimana nanti dapetin stiker visanya yah?
Hhmm, daripada bingung-bingung, saya nekat aja langsung mencoba via online dan mengikuti setiap langkah-langkah yang diperintahkan dan Yes, berhasil!

Mau tahu caranya? Berikut langkah-langkahnya.
Mulailah dengan mengunjungi link ini:
Lalu klik “Apply Online for Visitor Visa”, kemudian klik “Determinde your eligibility to apply online” dimana kita diminta menjawab beberapa pertanyaan lalu kita akan diarahkan ke web untuk pendaftaran online dan membuat MyCIC account (pilih yang melalui GC Key) dan buatlah user ID dan password.
Dokumen apa saja yang harus kita upload juga otomatis muncul. Proses mengisinya bisa dilakukan bertahap dan tidak harus dalam satu hari selesai. Pengalaman saya dokumen yang perlu di-upload adalah sbb:
  • Form 5257 yang merupakan form aplikasi berupa PDF yang bisa diketik dan untuk ttd nya nanti saat di submit ada perintah ttd secara online.
  • Form 5707 yang merupakan form data familie yang juga berupa PDF yang bisa diketik dan untuk ttd nya nanti saat di submit ada perintah ttd secara online
  • Scan paspor
  • Dokumen histori perjalanan saya upload scan paspor bagian yang ada visa dan stempel imigrasi
  • Dokumen perjalanan, saya upload tiket, reservasi hotel.
  • Data keuangan, saya upload referensi bank dan data tabungan 3 bulan.
  • Data pekerjaaan, saya upload surat dari kantor.
  • Dokumen lainnya yang sifatnya optional saya upload asuransi perjalanan.
Family member juga bisa di submit berbarengan, saya juga submit visa untuk adik saya dan data dia yang diminta minim, hanya form 5257, form 5707, copy paspor tapi saya tambahkan juga dokumen optionalnya berupa data pekerjaaan dia.
Setelah semua isian lengkap, barulah dalam tampilan layar akan muncul kata “next” di kanan bawah. Pastikan bagian di kelompok optional dokumen yang ngak mau disubmit di cancel, kalau tidak ikon kata “next” ngak muncul. Klik “next” dan lanjutkan ke proses pembayaran visa seharga CAD 100 dengan kartu kredit visa atau master.
Setelah pembayaran selesai artinya selesailah proses aplikasinya.

Lalu, bagaimana jawaban approved tidaknya dan bagaimana lebel visa kita peroleh?
Tunggu beberapa hari, pengalaman saya sebelum 2 hari ada email masuk ke email pribadi saya yang terdaftar di CIC Account bahwa ada message di MyCIC account saya dan setelah dibaca, tulisannya diminta antar paspor. Kemana?
Bisa dilihat di www.cic.gc.ca/submit
Dimana pilihannya bisa datang langsung ke kedutaan di Jakarta, mengirim paspor via pos ke kedutaan Jakarta atau ke VFS di Jakarta atau Surabaya (jika via VFS ada biaya untuk untuk hal ini sekitar Rp 220 ribu). Karena saya di Jakarta maka saya pilih langsung datang ke kedutaan. (Info dari teman harus ke vfs - info per Okt 2017)
Proses serahkan paspornya mudah hanya bawa print email dan paspor serta yang penting tidak ada biaya apa-apa lagi. Saat menyerahkan saya hanya butuh waktu nunggu plus waktu menyerahkan ngak sampai 10 menit. Saya diberikan kartu pink untuk dibawa saat ambil paspor dan diminta ambilnya Senin, jadi H+2 dari penyerahan (saya menyerahkan di hari Kamis). Waktu untuk serahkan dan ambil paspor di kedutaan hari Senin-Jumat jam 8.30-10.30 pagi.

Saat H+1 dari serahkan paspor saya iseng lihat MyCIC account saya dan status visa sudah tertulis Approved, jadi saat H+2 saya datang ke kedutaan sudah yakin deh di paspor saya telah melekat visa Kanada!

Pagi hari di H+2 saya ke kedutaan untuk ambil paspor dan ngak sampai 5 menit sejak saya masuk ruangan, paspor dengan visa Kanada saya sudah saya dapatkan, dengan status multiple dengan masa berlaku sd tgl paspor berakhir.
Jadi dihitung-hitung, waktu yang saya butuhkan untuk dapat visa Kanada adalah 5 hari kerja setelah upload data lengkap dengan biaya CAD 100.

Note: bagi yang kurang nyaman cara online bisa apply via VFS di Jakarta atau Surabaya dan tentunya dengan ada biaya service. Untuk biaya visa bisa dibayar online atau dengan bank draft. Isi dokumen kalau bingung juga ada fasilitas untuk diisikan dan tentunya ada tambahan biaya. Bisa lihat web ini untuk jelasnya http://www.vfsglobal.ca/Canada/Indonesia/

Oleh, Kumala Sukasari Budiyanto.

69 komentar:

  1. Hallo, thanks udh shared pengalamannya.
    1. Mau tanya di saldo nya brp waktu apply ?
    2. Klo online cara bayarnya cuma bisa pk cc ya ? Debit ga bisa ?
    3. Kalau pke rekening tabungan calon suami (niat jalan2 buat honeymoon) bsa ga ?
    4. Di tanya2 by phone ga sama pihak kedutaan ?
    5. Dgr2 klo udh dpt visanya harus buru2 brgkt ya spya ga hangus? Atau klo udh dapet visa bsa brgkt kapan aja ? Msal 3 bln stlh dapet visa ?
    6. Rencana saya mau berangkat ke kanada juli nanti, baiknya apply bulan apa ya ?

    Maaf ya banyak tanya soalnya baru bgt mau urus documentnya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1, Sado rek saya ngak jelas jg mba brp. Tp yg penting dananya ush mengendap lama, biasanya utk visa saya lampirkan deposito jg.
      2. Iya kudu cc
      3. Rek suami brarti suami mba buat srt keterangan kalinyah biaya ditanggung beliau. N lampirin srt nikah n appky nya bareng....1 keluarga bisa apky anggota kel lainnya dlm 1 aplikasi....ada pilihannya saat input.
      4. Ngak
      5, nanti kalo disetujui, kita hrs segera ke kedutaan utk tempel stiker (adasata tulis di blog). N masa berlaku visa umumnya sd tgl paspor kita berakhir. N bagusnya sih pergi sesuai tgl yg kita appky yah...biar keatan serius saat nanti kpn2 apply lagi he...he...
      6. Apply 3 bln sblm brgkat.

      Hapus
  2. mba mau nanya, saya kan mau apply online. trus saya mau ke singapur jadi paspornya ga available. kalau ada pengumuman diterima, itu ada jangka waktu berapa lama untuk ke embassy atau vfs untuk bawa paspornya kesana? thankss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat saya terima email visa di approve, ada tulisan dikasih waktu 30 hari setelah trima email.

      Hapus
  3. Halo Mba saya mau tanya:

    1. apa submit letter of explanation juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingat saya ngak upload dokumen di bagian ini. Saya cuma upload paspor, surat keterangan kerja, rekening bank 3 bln plus deposito, itinerary+tiket+hotel

      Hapus
    2. Mba , saya apply visa canada online dan sudah mendapatkan email , tapi tidak ada keterangan untuk kirim paspor ke kedutaan. Dan email konfirmasinya juga tidak ada barcode nya... hanya ada keterangan bahwa applikasi saya sudah receive di imigration dan expected to provide the copy of passport with electronic application... ini makaudnya gimana yah mba ??

      Hapus
    3. Sptmya itu email pertama yg merupakan info aplikasi sdh diterima. Coba aja login ke web dan liat status aplikasinya.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Hi, untuk online form, di bahagian "details of visit to canada" ,
    1) How do you budget your "funds available for stay"
    2) Address untuk person/institution that will be visited, kamu isi nama hotel ya ?

    Maaf ngak bisa bicara bahasa indonesia dengan mahir (: salam daripada malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Hi. It's ok.
      No. 1 i wrote " I will pay my trip by using my saving account. And I already paid airline ticket". Actually, they did nit ask to buy ticket before visa apply. You need booking only. But i bought before visa apply because i got ticket promo.
      2. Yes, hotel name

      Hapus
  7. Halo kak aku mau nanya dong. Untuk submit passport ke Kedutaannya itu perlu bikin janjian dulu ngga ya? Ato boleh langsung datang? Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi...langsung datang saja setelah dpt email

      Hapus
  8. Mbak saya kan udah bikin aplikasinya online dari tanggal 22 juni terus tanggal 25 dia bilang sudah diterima aplikasinya, tgl 27 ada notif masuk ke email tapi ga ada apa2 diaccount visanya. Sampe skg tgl 8 blm ada notif lagi mba. Kira2 kalau mau tanya kemana yah mba? Apakah ada email atau kontak atau harus bagaimana trims sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kamu login di aplikasi dan cek status. Ingat saya di aplikasi bisa lihat masih on progress atau bgmn. Utk contact, saya blm pernah...tp coba liat di web aplikasi mgkin ada alamat email yg bs di contact.

      Hapus
    2. hi joula,
      aku jg uda apply ikutin step2nya..blm ada message apa2, cuma submission received.

      kamu berapa lama ya?

      Hapus
    3. Saya agak lupa persisnya tp kayaknya ngak sampai seminggu

      Hapus
  9. Mau tanya Mbak kalo akta2 yg dlm bahasa Indo apa perlu diterjemahin ke Inggris ? Trims Mbak infonya

    BalasHapus
  10. Halo mbak,

    saya mau tanya, saya rencana mau ke US lalu mampir ke Canada, kalau kayak gitu butuh visitor visa atau eTA ya?

    lalu, mbak waktu isi formulir imm itu kan perlu tanda tangan, nah itu mbak ngerjainnya bagaimana? setau saya ga bisa di cetak, tanda tangan, scan dan upload.

    Makasih mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ETA itu setahu saya visa transit deh. Kalo kamu ke Kanada nya buat jalan2 bbrp hari menurut saya bikin visitor visa.
      Yang cetak ttd di imm memang bikin bingung he...he....itu nanti kita sign nya cuma klik doang sebelum submit. Nanti ada instruksi klik satu tanda (saya ngaj ingat apa kata2nya) sebelum dokumen di submit.

      Hapus
    2. oh gitu ya mba, kalau apply visitor visa butuh interview ga ya seperti visa USA?

      Hapus
  11. Siang mb Kumala , aku mau ke Montreal,Canada .. tempat teman .. tinggal 2minggu sampai 1 bulan .. apply visanya yg kunjungan y ? Kutunggu jawaban mb .. makasih y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya visa kunjungan. Saat kita masuk canada mrk akan tentukan brp maks stay nya. Kalo di visa nya mrk cuma tulis multiple ngak tulis brp lama bisa stay nya. Tp kalo baca di web cic masa stay maks bisa 6 bln. Amannya saat apply tulis kita mau stay brp lama.

      Hapus
  12. Hi Mba,

    Terima kasih sudah bahas cara apply visa Kanada online. Saya coba apply ngikutin step2 dari blog ini, dan kemarin udah diapprove. Oiya sekarang pilihannya udah nggak bisa drop paspor di embassy langsung, jadi walau online drop paspor tetap di VFS. Tapi bayarnya hanya 215rb (kalo apply non online bayarnya 285rb kalo ga salah).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sori maksud saya 215 itu biaya untuk VFS nya. Untuk visanya sendiri sama aja 100 CAD.

      Hapus
    2. mohon pencerhaannya, kl drop paspor ke VFS itu, paspor kita kirim ke mereka, lalu nextnya paspor kita dikirim kembali ke kita ya kalau sudah selesai? saya kurang mudeng, boleh dijelaskan lebih lanjut?? apakah itu aman?

      Hapus
    3. lalu apakah ada biaya tambahan dari 215rb tsb?? apa itu untuk satu paspor ya? kalau lebih dari 1 bagaimana? apakah ada pilihan menggunakan VFS ketika sudah apply dari aplikasi online CIC? mohon penjelasannnya mba, saya masih newbie, thanks

      Hapus
    4. Kalau via VFS pengalaman saya apply visa negara lainnya, paspor diserahkan ke VFS dan mereka yg serahkan paspor dan visa kita ke kedutaan. Setelah selesai kita ambilnya di VFS.

      Biaya VFS itu per orang hitungannya.

      Setelah appy via online kalau dulu wkt saya apply dimintanya ke kedutaan tp blm lama ada yg info kao apply online serahkan paspornya ke VFS.....lihat aja mba di email balasan dari CIC nya, mrk info kita hrs kemana serahkan paspor.

      Hapus
    5. hari ini jumat tanggal 6 April 2018 saya baru drop paspor ke VFS di kuningan city. walaupun udah apply online ternyata kita kudu tetap drop paspor ke VFS dan bayar lagi 223 ribu rupiah. lumayan kan! Yang saya bawa tadi cuma paspor, print lembaran bahwa kita diminta drop paspor, sama informed consent dari VFS nya
      Terus nunggu sampai bisa diambil lagi paspornya 5 hari. Coba bisa langsung ke kedutaan. Sayang sekali jadi ekstra biaya dan waktu

      wono

      Hapus
    6. Kalaunlewat POS tambah bayara laginya

      Hapus
  13. Saya baru mau apply minggu ini...kalau ke canada ke rumah mertua baiknya pakai visa turis atau family ya? (Sambil bawa bayi 1 th) si bayi paspor canada

    BalasHapus
  14. Hallo mba mau tanya kalau visa canada itu masa tinggal disananya itu maksimal berapa bulan ya? 3 atau 6 ya? Karena kalau schengen kan hanya 3 dan amerika 6 sdgkan canada saya kurang jelas secara di pasportnya ga tertulis. Terima kasih ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baca di web cic, masa tinggal ditentukan pas kita entry tp umumnya 6 bln.

      Hapus
  15. Untuk history perjalanan, kalo scan paspor lama beserta visa negara lain dan stempelnya apa boleh? Karena saya baru perpanjang paspor. Paspornya masih baru sehingga belum ada stempelnya. Mohon petunjuknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja dilampirkan daripada hanya kasih paspor baru doang yang masih kosong.

      Hapus
  16. Hallo Mba,

    pengurusan visa ke Kanada g pake interview ya?? soalnya saya tinggal nya di balikpapan.. rencana mau liburan ke sana nya bulan maret 2018 seh hahaha
    mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkt saya apply dan sd hari ini setahu saya ngak ada interview.

      Hapus
  17. mba,

    jika ada teman disana, apakah lebih menjamin meminta surat invitation?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak tahu juga sih yah. Saya apply tanpa invitation ngak masalah.

      Hapus
  18. halo mau tanya, kalo sudah apply online untuk visa transit apakah tetap harus ke embassy kanada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya saya masih bingung nanti stamp visanya seperti apa, apakah paspor harus tetap dibawa ke kantor kedutaan untuk keperluan visa transit?

      Hapus
    2. saya blm urus visa transit, tp utk visa turis hrs kasih paspor ke embassy setelah ada email balasan visa di approve dan utk saat ini katanya hrs via VFS kasih visanya.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Saya coba apply visa online, untuk kolom tanda tangan, gimana yah cara isi nya?
    Untuk copy tabungan 3 bulan terakhir, bisa berlembar2, gimana cara upload nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk sign saya lupa persismya, kalau tdk salah klik satu tombol jd sign secara elektronik.
      Scan rekeningnya dlm btk bersambung jgn scan per halaman.

      Hapus
  22. halo,
    boleh kasi contoh itinerary yang dibuat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk apply visa di catatan saya ngak diminta itinersry, tp kalah kamu mau baca di kanada saya kemana saja. Ini link nya
      http://hairspeak.blogspot.co.id/2016/10/canada-place-to-explore-amazing-nature.html

      Hapus
  23. Hi mba terima kasih buat infonya!
    Mau tanya pendapat nih, klo saya mau mewakilkan mama saya utk apply visa Kanada bisa tidak ya? Tapi situasi nya adalah saya residence di Kanada dan berencana utk apply visa mama saya lewat online dari kanada langsung tapi visa&paspor nya akan di proses di jakarta. Kira2 bisa gak ya?
    Saya sempet baca2 sih sepertinya bisa diwalkilan, tapi dengan situasi saya yg bertempat tinggal di Kanada saya agak ragu. Maklumlah mama saya sudah tua dan kurang mengerti dalam hal pengajuan visa. Jadi saya ingin membantu mama saya utk apply visanya.
    Terima kasih ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu apply online nya bisa tp kan perlu antar dan ambil paspor ke VFS (dulu saat saya apply bisa langsung ke kedutaan) setelah dpt email visa diterima. Mungkin ibumu akan sulit jg pergi sendiri ke Vfs di mall kuningan city lt 2.

      Hapus
  24. Oh berarti saya bisa bantu mama saya utk apply via online ya. Klo utk ke kantor kedutaannya nanti adik saya yg antar mama saya kesana. Wahhh terima kasih ya mba. Saya lega dgrnya :)

    BalasHapus
  25. Halo Mba saya mau numpang tanya..

    1. kalau keluarga di wakilkan daftar online kan ada form Use of a Family Member Representative for Online Application , nah form itu harus di tanda tangan on paper baru di scan lagi ya?

    2. Kalau pada saat pengiriman passport apakah boleh yg ngirim itu org lain gitu di wakilkan dengan surat kuasa ?

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Saya blm pernah, jd ngak yakin hrs gmn.
      2. Coba tanya ke vfs, kayaknya sih bisa.

      Hapus
  26. Halo mba thanks banget udah share pengalamannya! Kebetulan saya lagi bingung nyari2 orang yang udah pengalaman apply online. Saya mau nanya beberapa hal :
    1. Waktu mba start apply, apakah tiket sudah di beli atau baru booked saja? Karena saya bingung antara apply visa dulu atau tiket dulu. Kalau misal saya beli duluan, takut hangus soalnya seumpama visa di reject.
    2. Apakah mba ada invitation letter ketika apply? Kebetulan saya ada kakak yang sudah PR sana, apakah membantu jika saya lampirkan invitation letter?
    3. Kalau kita datang langsung ke VFS nya di kuningan city, apakah ada seperti customer service yang bisa bantu kita apply atau bantu2 konsultasi mengenai proses ini?

    Thank you! Cheers!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Saya tiket wkt itu sdh beli krn kejar tiket promo, jd saya nekat gambling aja krn saya pikir saya sdh pernah punya bbrp visa spt uk dan schengen
      2. Aku ngak pakai invitation letter
      3. Pengamatan saya urus visa di vfs, mrk itu lbh sbg penerima dokumen dan mengeceknya. Kalau bertanya2 hrsnya bisa tp mengisikan ngak bisa deh.

      Hapus
  27. Mbak, kalo apply nya pake invitation letter dan bank records yg dilampirkan milik org yg invite bisa gak ya? Atau harus milik sendiri?

    BalasHapus
  28. Mbak, kalo apply nya pake invitation letter dan bank records yg dilampirkan milik org yg invite bisa gak ya? Atau harus milik sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya blm pernah dengar pengalaman yg case spt ini berhasil tdk, jd ngak bisa kasih pendapat.

      Hapus
  29. Hai Mbak Kumala, thanks sudah share.
    Saya rencana juga mau apply visa online, paspor saya expired bulan Januari 2019 & rencana mau visit bulan agustus ini. Itu bisa nggak aplly atau saya harus bikin paspor baru ya karna masa validitynya dibawah 6bulan?
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya amannya urus perpanjangan paspor dulu, krn saat berangkat nanti setahu saya di imigrasi bandara indo itu kita disyaratkan paspor 6 bln. Lalu visa canada itu umumnya berlaku sd 6 bln sblm paspor berakhir.

      Hapus
  30. Kalaun kirim paspor lewat POS prosesnya bagaimana ya. Berapa fee tambahannya.. Dan berapa lama prosesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lihat di website vfs. Sekitar sejak sethn lalu, walau aplikasi online, utk tempel stiker visa di paspor nya yg menangani vfs (tdk ke kedutaan langsung spt saat saya apply).

      Hapus