Minggu, 07 Mei 2017

Visa Selandia Baru, Lebih Hemat dengan Aplikasi Online

Bagi kita warga negara Indonesia memiliki 2 pilihan untuk mengajukan visa Selandia Baru, manual dan online. Kedua cara ini tetap mengharuskan kita datang ke Vfs di Kuningan City Mall Lt 2 Jakarta atau Vfs Bali. Lalu apa bedanya.

Pertama, yang menarik adalah lebih murah. Biaya manual adalah Nz$184 dan biaya visa dan Rp 240.000 fee untuk Vfs, sedangkan online biaya visa Nz$165 dan Rp 180 ribu fee untuk Vfs.

Kedua, dengan manual kita isi form dan semua dokumen lampiran termasuk paspor asli diberikan ke Vfs sedangkan online kita isi form online dan upload dokumen di:
lalu serahkan paspor asli ke Vfs.

Ketiga, jika manual visanya berupa stiker sedangkan manual berupa print out.

Caranya apply online, buat akun di link tersebut diatas. Lalu login dengan akun dan pasword yang sudah dibuat,  lalu ikuti instruksi yang ada. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
1. Dokumen yang diminta sistem untuk di upload mengikuti keterangan yang kita isi, misal bila menginfokan kita di sponsori (sponsor hanya biasa warga atau lembaga Selandia Baru), maka kita harus upload dokumen tsb, jika tidak sistem tidak memintanya seperti aplikasi saya yang tanpa sponsor.
2. Ukuran foto hanya 200kb-an jadi crop dan atur supaya foto memory sebesar itu. Foto juga di crop sampai menampilkan foto seperti yang diminta. Bagian bawah hanya sd ujung bahu (seperti foto visa usa).

Setelah selesai upload data, kita diminta membayar online dengan kartu kredit.

Lalu kita mendapat email (pengalaman saya tidak sampai satu hari kerja) yang meminta kita menyerahkan paspor ke Vfs dalam waktu 20 hari setelah email diterima, jika tidak maka aplikasi dianggap hangus.

Setelah memberikan paspor, pengalaman saya sehari berikutnya saya mendapat email dengan dokumen seperti di bawah ini.... Yes, multiple 1.5 thn dan adik saya multiple 2 tahun.... hhhmmm kok saktian dia yah...sayapun berpikir kenapa....oh oh karena paspor saya berlaku 2 tahun lagi jadi mereka hanya mau kasih 1.5 tahun.
Walau visa udah di tangan, tugas belum selesai.....paspor yang ada di Vfs harus saya ambil. Saya cek status di pagi hari berikutnya dan terlihat status fisik paspor saya sudah dikembalikan dari kedutaan ke Vfs, jadi siangnya kami ambil deh (jam ambil paspor di Vfs jam 2 siang teng! (lebih pagian 5 menit aja ngak boleh masuk) sd jam 4 sore).

Tenang deh urusan visa selesai....kalau tidak tiket yang saya beli setahun yang lalu saat SQ BCA travel fair dengan modal berdiri berjam-jam bisa sia-sia. Gambling jika beli tiket murah karena pasti sebelum buat visa. Visa hanya bisa buat 3 bln sebelum berangkat, sedangkan tiket murah biasanya H minus 6 bulanan baru dapat murah. Nah tapi yang enak nih dapat visa multiple, jika mau pergi lagi bisa dengan tenangnya untuk beli tiket.

Oleh Kumala Sukasari Budiyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.