Kamis, 21 Juni 2012

Vietnam Trip



Pada bulan Mei 2012 lalu, kami mengunjungi Hanoi, Vietnam dengan tujuan utama melihat Halongbai, salah satu dari 7 wonders of the world. Perjalanan kami dari Jkt-Sin-Hanoi-Sin Jkt dengan menggunakan pesawat airasia dan Vietnam Air. Selama perjalanan kami mencatat beberapa hal dari hasil pengamatan dan info dari guide sebagai berikut:
Pajak beli mobil di viet 200%, oleh karena itu motor jadi populer dan banyak banget di jalanan.

Jumlah penduduk Vietnam saat ini 90 juta jiwa, termasuk padat, paling banyak tinggal di Hanoi terutama old quarter. Wilayah Vietnam terbagi menjadi north, middle, south.

Paling besar north, dan di wilayah ini ada Hanoi, Halongbai, Sapa, dst.
Sapa is spring city, temperaturnya selalu 18c karena di dataran tinggi.
Halongbai sebagai new wonder of the world, ditempuh 3.5 jam naik mobil dari kota hanoi, indah sekali pemandangannya. Dari pelabuhan kami naik kapal dan makan siang di kapal sambil menikmati pemandangan yang indah. Lalu kapal merapat di kampung nelayan untuk naik perahu kecil atau bisa juga kayaking, melewati gua kecil, agak ngeri awalnya, tapi ternyata di dalamnya indah dan unik, batu gua yang berbentuk penis. Setelah itu kami mengunjungi Tien Cung Cave, gua dengan tekstur yang indah dan tambah indah karena sudah dipasang lampu warna warni.

South Vietnam terkenal dengan rice, fresh food, mekong delta. Cuaca di south hanya 2 musim hot dan very hot, tidak seperti di north ada 4 musim.

Rumah di Vietnam, lebarnya sempit tapi panjang dan banyak lantai karena bisa 3-4 generasi tinggal serumah. Banyak rumah dibangun keatas karena tanah di depannya untuk jalan dan uang kompensasinya mereka gunakan untuk bangun rumah bertingkat. Tanah dikuasai pemerintah untuk pertanian.

Hotel kebanyakan kecil dan sederhana, terutama di old quarter.
Hotel bagus di Hanoi menurut info warga yang saya temui di airport adalah Hotel Fortuna.

Embassy hampir semua dekat Hochimin Mausoleum.

Di Vietnam ada 5 kelompok etnik dan ada 40-an dialek, jadi anak-anak yang di daerah kalau sekolah harus menyesuaikan dialek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar