Senin, 29 Juli 2013

TAIPEI

Wisata 5 in 1, Sejarah-Alam-Hiburan-Kuliner-Belanja

Masih ingatkah anda dengan drama serial TV Meteor Garden yang populer di Indonesia pada awal tahun 2000, dengan tokoh utama Dao Ming Si (kebanyakan dari kita menyebutnya Tomingse, dibintangi oleh Jerry Yan-F4) dan Shan Cai (dibintangi oleh Barbie Hsu)?
Drama ini berasal dari Taiwan (Republic of China), dengan ibukotanya Taipei yang akan kita bahas dalam artikel ini.
Ada banyak pilihan pesawat udara dari Jakarta ke bandara Taoyoan (bandara international Taipei), antara lain Airasia dan Jetstar yang merupakan budget airline. Garuda dan Eva Air yang merupakan full board airline.
Letak kota Taipei dikelilingi oleh wilayah New Taipei City yang merupakan pengembangan dari kota Taipei. New Taipei City paling utara adalah Keelung, lalu Yilan di bagian paling selatan, dan Taoyuan di bagian barat daya.
Bandara international Taoyoan yang termasuk wilayah New Taipei City, dapat ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara dari pusat kota dan dapat juga menggunakan THSR (Taiwan High Speed Train).
THSR adalah kereta jenis sinkasen dengan kecepatan 300 km/jam dan sering disebut bullet train, melayani rute dari utara Taiwan melewati 6 stasiun dan berakhir di selatan Taiwan yaitu stasiun Zouying di kota Kaoshiung.
Beberapa kereta hanya berhenti di 3 perhentian yaitu Taoyoan, Taichung dan Zuoying sehingga waktu tempuh dari ujung utara Taiwan ke ujung selatan Taiwan yaitu dari Taipei-Zouying hanya 1,5 jam (lebih cepat 30 menit dari rute kereta yang berhenti di setiap stasiun).
Pemesanan dan pembayaran tiket bisa dilakukan online di http://www.thsrc.com.tw/en dan sebelum keberangkatan menukarkan bukti pemesanan ke counter tiket THSR di Taipei Main Station. Tiket juga bisa dibeli langsung di Taipei Main Station dan convenience store. Tersedia kelas business dan standard. Pemesanan lebih awal akan memperbesar kesempatan untuk memperoleh harga diskon (diskon hanya ada di tiket standard).
Jika ingin mencoba kereta cepat, harga tiket THSR lebih terjangkau jika dibandingkan kereta cepat di Jepang, apalagi jika hanya rute pendek harganya akan lebih murah lagi, jadi tidak ada salahnya mencoba kereta cepat di Taiwan.
Berbagai tempat wisata di Taipei dan New Taipei City dapat kita nikmati, mulai dari wisata sejarah, alam, hiburan, kuliner sampai belanja....5 in 1 trip!
Untuk berwisata di Taipei, kita bisa menggunakan jasa travel lokal dengan harga yang relatif wajar yang dapat dipilih dan dipesan via email dari beberapa perusahaan travel yang tergabung dalam Taiwan Tour Bus www.taiwantourbus.com.tw  atau menggunakan bus dan Taipei Metro atau MRT (map dapat diunduh di http://english.trtc.com.tw
Jika kita berencana akan banyak menggunakan MRT maka untuk menghemat waktu membeli karcis eceran, kita dapat membeli Eazy Card seharga TWD 500 yang selain dapat digunakan untuk membayar MRT, juga bisa digunakan untuk membayar bus, tram di Taipei Zoo, tiket Maokong Gondola dan belanja di convenience store. Eazy Card dapat dibeli di mesin Eazy Card di statiun mrt dan dapat di top-up pada mesin Eazy Card dan juga toko 7-eleven.

WISATA SEJARAH
National Palace Museum
Museum ini menyimpan barang sangat berharga dan bersejarah peninggalan dinasti China. Barang-barang ini dulunya berada di Forbidden City dan dibawa oleh Presiden Chiang Kai-sek ke Taiwan saat masa peperangan. Jumlah barang yang ada di museum ini sebanyak belasan ribu item atau kurang lebih 20% dari seluruh peninggalan kekaisaran China. Awalnya barang yang dibawa ke Taiwan lebih banyak tapi sebagian besar barang dikembalikan ke China, tapi yang ada di Taiwan yang dipilih yang terbaiknya.
Barang peninggalan di museum ini yang paling menarik dan paling banyak ingin dilihat pengunjung adalah
Gabbage Jade yang konon dibuatnya dengan mengikis menggunakan pasir dan sampai saat ini para ahli tidak habis pikir bagaimana dapat membuatnya dengan cara seperti itu.
Porcelain
China adalah penemu dan pengekspor porcelain. Pada zaman dulu sebelum mengenal porcelain, awalnya hanya moulding biasa, lalu dikembangkan menjadi porcelain.
Porcelain awalnya tidak berwarna dan setelah melewati masa yang cukup panjang sekitar 20 tahun, akhirnya porcelain berwarna merah diciptakan, setelah itu barulah dikembangkan warna -warna lainnya,
Beberapa wadah dari moulding yang dipamerkan di museum ini, di bagian dalamnya terdapat tulisan china kuno sehingga dari peninggalan inilah dapat dipelajari alur perkembangan huruf china yang mana awalnya banyak dimulai dari gambar dari subyek itu sendiri.
Di museum ini juga divisualisasikan tentang perkembangan tulisan china.
Lukisan
Disini tersimpan berbagai macam lukisan, antara lain lukisan tentang segala kegiatan di setiap musim di China, lukisan bunga yang kalau dicium wangi seperi wangi bunga yang dilukis, lukisan kaligrafi.
Info
Di musium ini disediakan free tour guide yang dapat berbahasa Inggris pada jam 10.00 -15.00 dan kita juga dapat menyewa alat audio tour guide seharga TWD 100 dalam bahasa Inggris, Chinese, Korea atau Jepang.
Musium buka setiap hari 08:30 to 18:30, kecuali Chinese New Year buka sampai jam 14.00
Harga tiket masuk TWD 160/ orang

National Democracy Memorial Hall
Dibangun untuk mengenang Presiden Chiang Kai-sek, yang menjadi Presiden di Taiwan selama 1950-1975.
Chiang Kai-sek adalah komandan pasukan nasionalis China saat Sun Yat Sen berkuasa dan menggantikan Sun Yat Sen setelah Sun Yat Sen meninggal namun Chiang Kai-sek dan partai nasionalisnya terusir ke Taiwan yang dulu disebut Formosa (dalam bahasa Jepang artinya pulau yang cantik).
Chiang Kai Sek juga adalah ipar dari Sun Yat Sen setelah Chiang Kai Sek menikahi Soon May Ling pada tahun 1928 (3 tahun setelah wafatnya Sun Yat Sen) yang merupakan adik dari istri Sun Yat Sen.
Patung Presiden Chiang Kai-sek banyak di Taiwan dan yang paling besar di memorial hall ini.
Di lokasi ini juga terdapat National Theater dan National Concert Hall.

National Revolutionary Martyrs' Shrine
Didirikan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam perang. Bentuk bangunan National Revolutionary Martyrs'Shrine dibuat menyerupai Forbidden City dalam ukuran yang lebih kecil. Keunikan tempat ini adalah acara upacara penggantian penjaga pintu gerbang utama yang dilakukan setiap jam dari 09.00-17.00. Upacara ini menjadi atraksi yang menarik bagi wisatawan karena upacara dibuat seremonial dengan baris berbaris dan memainkan senjata. Uniknya gerakan langkah kaki pasukan bunyinya keras dan gerak langkahnya berseni, tidak seperti baris berbaris yang umumnya kita lihat.

WISATA ALAM
Yehliu Geopark
Berlokasi di Wanli, area yang terletak antara Taipei dan Keelung, dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam dengan naik mobil dari Taipei.
Tempat ini adalah terdiri batuan sedimen yang terbentuk dari erosi laut. Area ini adalah area bawah laut yang airnya sudah surut.
Kita dapat menemukan aneka bebatuan yang bentuknya unik seperti jamur, ginger, queen head, pulau taiwan, sepatu, kingkong.
Info:
Harga tiket masuk TWD 50, buka setiap hari 07.30-17.00

Maokong Gondola
Station Maokong Gondola ada di dekat Taipei Zoo MRT station dan ada juga di dalam Taipei Zoo yang merupakan stasiun keduanya. Stasiun gondola ketiga adalah Zhinan Temple dan Maokong adalah stasiun keempat.
Gondola beroperasi sampai malam dan tersedia 2 macam cabin yaitu glass cabin dan standard. Bagi yang tidak takut ketinggian maka glass cabin akan lebih atraktif karena bagian bawah kabin berupa kaca sehingga melihat pemandangan selain dari kaca jendela juga di kaca bawah kabin.
Naik gondola dari Taipei Zoo sampai Maokong kurang lebih 20 menit dan kita dapat melihat pemandangan alam kebun teh yang indah, pepohonan dan juga kota Taipei.
Info :
Harga tiket TWD 80 pp per orang.

WISATA HIBURAN

Taipei 101
Gedung Taipei 101 didesain dengan penuh lampu.
Jika hendak naik ke observation deck kita harus membayar TWD 450 dan pada waktu-waktu tertentu antrian sangat panjang,
Info:
- Photo Spot gedung Taipei 101 paling bagus di depan City Hall.
- Weekday jam 14.00 adalah waktu yang tidak terlalu ramai untuk naik ke observation deck.

Taipei Zoo
Top icon Taipei Zoo adalah panda Tuan Tuan dan Yuan Yuan. Pintu masuk Taipei Zoo hanya sekitar 100 m dari MRT Taipei Zoo station. Harga tiket masuk relatif murah TWD 60 per orang.
Tips:
Panda amat suka tidur, mereka tidur 12 jam dan biasanya mereka aktif makan di pagi hari dan setelah itu tidur, jadi jika ingin melihat panda dalam kondisi tidak tidur harus pagi-pagi.

WISATA KULINER
Di Taipei ada satu restaurant unik yaitu Modern Toilet Restaurant, yang berlokasi di 2F, No 7, Lane 50, Xi-Ning South Road, Ximending. Idenya unik yaitu rumah makan dengan suasana serba toilet, sampai alat sajinya pun bernuansa perkakas toilet. Tersedia makanan utama dan juga dessert dengan rasa yang relatif enak dan harga terjangkau.
Menu makanan Taipei yant terkenal adalah beef noodle, namun Taipei juga terkenal dengan aneka makanan ringan antara lain pineapple cakes yang dijual di toko-toko kue dan minuman aneka milk seperti papaya milk, milk tea dan chinese tea,

WISATA BELANJA
Ximending, area ini terkenal sebagai Harajuku-nya Taiwan. Disini banyak dijual baju, sepatu, aksesoris dan juga makanan.
Ximending dapat dicapai dengan menggunakan MRT, pilih exit 6 yang merupakan pintu keluar MRT dekat Chengdu Street dan Ymei Street yang menjadi pusatnya aneka toko di Ximending.
Night Market
Ada beberapa night market di Taipei. Night market terbesar adalah Shilin. Selain itu ada Huaxi Night Market yang letaknya lebih dekat dari pusat kota, letaknya disebelah Long Shan Temple, temple tertua (dibangun tahun 1738) dan terbesar di Taipei.
Di Huaxi Night Market ada snake shop, makanan, baju dan aneka pernak pernik.


PENGINAPAN
Harga penginapan di Taipei lebih mahal dari Jakarta tapi masih lebih murah dari Singapura. Bagi yang senang belanja atau sekedar window shopping, ada baiknya menginap di daerah Ximending sehingga bisa memanfaatkan sisa waktu di malam hari untuk berjalan-jalan di area ini yang memang ramainya di malam hari.

VISA
Warga negara Indonesia yang hendak ke Taiwan perlu mengajukan visa sebelum keberangkatan.
Pertama-tama kita mengisi application form secara online di www.boca.gov.tw lalu datang ke Kedutaan Besar Taiwan di Indonesia atau menggunakan jasa perantara perusahaan travel (tentunya akan ada tambahan biaya) dengan membawa kelengkapan data berupa print out online form yang telah diisi dan ditandatangani, asli semua passport, asli surat sponsor, jika usaha sendiri maka melampirkan copy SIUP, copy KTP (untuk anak-anak lampirkan copy Kartu Pelajar), foto 4x6 latar putih 2 lembar dan copy data keuangan 3 bulan terakhir.
Kedutaan besar Taiwan beralamat di Gedung Artha Graha Lt.12, Jl. Jendral Sudirman Kav.52-53, Jakarta 12190.
Note:
Bagi pemegang paspor Indonesia yang masih memiliki visa USA/UK/Canada/Jepang/Australia/New Zealand/Schengen yang masih berlaku, maka tidak perlu apply visa khusus tapi cukup mendaftar di link berikut ini dan mem-print nya untuk dibawa saat ke Taiwan https://oa1.immigration.gov.tw/nia_southeast

Ditulis oleh, Kumala Sukasari Budiyanto

2 komentar:

  1. That is very attention-grabbing, You are an overly
    skilled blogger. I have joined your rss feed and sit up for
    in the hunt for more of your fantastic post.

    Additionally, I've shared your website in my social networks
    Here is my web site china airlines

    BalasHapus
  2. I love what you guys are usually up too. This sort of clever work and reporting!
    Keep up the amazing works guys I've incorporated you guys to blogroll.
    Here is my web blog ; vuelos a sydney

    BalasHapus