Selasa, 21 Januari 2014

Semalam di Johor

Mau menjelajah 2 negara dengan perjalanan darat antar negara hanya 1 jam?

Wisata ke Singapore dan Johor Bahru pilihannya.

Saya dan 2 orang rekan saya, Eva dan Mery, berwisata ke Singapore dan Johor Bahru selama 4 hari 3 malam pada tanggal 11-14 Jan 2014 (sabtu sampai selasa), selepas acara kantor kami di Singapore. Kami beruntung bisa menggunakan tiket pulang yang disiapkan dari kantor, kami hanya minta dibelikan hari yang berbeda dari hari terakhir acara kantor (untung boleh...he...he...), beberapa rekan lainnya juga ada yang minta dibelikan tiket yang mundur harinya tapi tidak selama kami. Kami minta mundur 4 hari karena kami lihat ada "hari senin yang kejepit" sehingga cuti 1 hari di hari senin, kami bisa dapatkan 4 hari (jarang ada, bahkan langka kesempatan seperti ini...).
Kami alokasikan 2 malam di Singapore dan 1 malam di Johor Bahru.

Pada artikel ini, saya ceritakan tentang wisata kami di Johor Bahru dan cerita tentang wisata Singapore di artikel berikutnya.

Data Geografi
Johor Bahru (disingkat JB) adalah nama ibu kota negara bagian Johor di Malaysia yang terletak di selatan Semenanjung Malaysia. JB adalah kota terbesar kedua di Malaysia setelah Kuala Lumpur dan JB merupakan salah satu pusat perindustrian, perdagangan, dan pariwisata terbesar di Malaysia.
Sebanyak 60% dari para wisatawan yang mengunjungi Malaysia setiap tahun masuk dari Singapura yang terhubung dengan JB lewat jalan darat.

Apa saja yang bisa kita lakukan di kota JB?
Untuk anak-anak dan orang dewasa yang ingin mengenang masa kecil sekaligus merasakan mainan masa kini yang saat kita kecil belum ada, bisa mengunjungi Legoland dan Hello Kitty Town.
Bagi yang suka wisata belanja, biasanya wanita, ada Johor Premium Outlet yang banyak toko-toko branded dengan harga diskon (diskon besar biasanya di pergantian tahun).
Lalu, bagaimana dengan pria dewasa, apa yang bisa dilakukan di Johor? Pengamatan saya sepertinya lebih ke posisi menemani, menemani anak bermain dan menemani istri belanja. Saat menemani keluarga di Legoland dan Hello Kitty, menurut saya bisa sambil bernostalgia menjadi anak kecil dengan permainan yang saat kita kecil dulu belum ada.
Nah, kalau di Johor Premium Outlet, rasanya pria tidak akan tahan menemani belanja karena lokasinya luas dan toko-tokonya banyak, jadi kalau sudah tidak betah bisa nongkrong ngopi di Starbuck atau makan di food court.

Perjalanan dari Singapore ke Johor dapat menggunakan bus maupun taxi yang berada di terminal kecil di Rochor Street, Bugis, Singapore untuk menuju ke terminal yang kecil juga di Johor, di jalan Kota Raya 2.

Apa bedanya naik taxi dan bus ke johor?

Jika dengan taxi dan kendaraan pribadi (mobil maupun motor)

Kita tidak perlu keluar atau meninggalkan kendaraan saat pemeriksaan imigrasi di perbatasan, cukup berhenti di loket seperti kita membayar tol. Petugas hanya meminta membuka kaca mobil dan khusus saat memasuki Singapore dari Johor, ada tambahan pemeriksaan bagasi mobil setelah pemeriksaan paspor.
Biaya taxi untuk perjalanan dari Johor ke Singapore maupun sebaliknya S$ 55 per trip, jadi jika kita ber 3 atau ber 4 atau membawa bagasi cukup banyak maka naik taxi lebih tepat daripada bis. Disarankan menggunakan taxi resmi, bisa pesan di loket di terminal, sesaat sebelum berangkat.
Saat kami berangkat dari Singapore, kami ditawari naik taxi private singapore dan kami aman nyaman sampai ke hotel (kalau taxi resmi singapore hanya bisa berhenti di terminal Kota Raya 2, Johor tapi taxi resmi malaysia bisa sampai hotel, begitu juga sebaliknya saat pulang ke singapore). Tapi saat pulangnya dari Johor ke Singapore, kami hampir dikerjain oleh supir taxi private dengan mengenakan tarif yang lebih mahal. Saat sebelum kami naik ke taxinya dia setuju S$50 tapi saat kami sudah duduk dan berjalan beberapa puluh meter dia berkata bahwa tadi dia bilangnya S$ 80 dan minta tambah S$ 10 kalau macet di imigrasi. Kamipun menolak dan dia dengan rela mengantar kami kembali ke terminal lalu mengenalkan kami ke taxi resmi dan dia tidak minta bayaran.
Ada yang aneh tidak...., tampaknya supir tersebut pada saat-saat terakhir berubah menjadi tidak rela hati mau ngerjain kami... We believe that it is because of God's work.

Jika naik bus

Biayanya murah S$ 1.3-7 (tergantung rute) tapi saat di perbatasan kalau kita membawa barang cukup banyak akan repot karena kita harus keluar dari bis.
Bus yang melayani antar negara ini ada beberapa pilihan diantaranya Changi Airport-Kotaraya2 JB, Woodland bus interchange-Kota Raya2 JB, Queen Street Terminal Singapore-Larkin Terminal JB.

Pengamatan saya, lalu lintas di perbatasan Singapore dan Johor ini ramai, kemungkinan besar adalah para wisatawan dan tampaknya kaum pekerja juga banyak...mereka tinggal di Johor dan bekerja di Singapore, contohnya supir taxi kami, dia katanya akan pindah ke Johor tapi tetap jadi supir taxi Singapore.
Taxi yang melayani lintas negara ini ada sekitar 200 taxi Singapore dan 200 taxi Johor. Para supir taxi ini tetap menunjukkan paspor saat di perbatasan, tapi tidak di stempel, hanya di scan karena mereka membuat ijin masuk tahunan....tidak terbayang kalau paspor para supir taxi di stempel, bisa super duper penuh stempel, karena dalam 1 hari katanya mereka bisa melayani 2 sampai 3 kali trip pulang pergi.

Itinerary
Hari ke 1
Perjalanan dari Singapore ke Johor, check in di Hotel, Legoland, Johor Premium Outlet.
Hari ke 2
Dinosorous Theme Park KSL*, Hello Kitty, KSL Mall*, perjalanan Johor ke Singapore.
* Jadwal ini sebaiknya dilakukan jika menginap di KSL Resort.

LEGOLAND
Berlokasi di Nusajaya.
Tiket masuk : RM 140 per orang dewasa dan RM 110 untuk anak 3-11 tahun dan senior (diatas 60 tahun).
Jam buka : 10am-6pm
Transportasi : Jika menginap di KSL Resort, naik taxi ke Legoland biayanya RM 55.

Di Legoland ada beberapa wahana permainan, saya paling suka dengan Mini Land, disini terdapat bangunan-bangunan mini dari lego khas Asia, terutama bangunan-bangunan di Malaysia.
Beberapa diantaranya adalah great wall, forbidden city, angkor wat, singapore flyer, twin tower, klia airport, port tanjung pelepas.

Bangunan mini semuanya dari lego termasuk tiang-tiangnya dan uniknya ada bagian-bagian yang tidak statis tapi dibuat bergerak seperti ada boneka-boneka lego yang menari di depan angkor wat, perahu yang bergerak di port, mobil barang yang bisa berjalan dan parkir, ban berjalan pengisi barang ke lambung pesawat.

Bagi rekan saya yang suka permainan tantangan, dia mencoba roller coster di Lego Kingdom, namun katanya kurang memacu adrenalin, dia pernah coba yang badan sampai terbalik...ha..ha...
Wahana permainan unik lainnya adalah Water Splash di Lego Technic. Dua rekan saya mencoba permainan ini, saya tidak ikutan karena takut rok nya terbang tertiup angin saat naik "jetski" yang bergerak memutar diatas kolam ini. Kepiawaian menghindari semprotan air di beberapa titik diperlukan, satu teman saya lebih kuyup terkena air...he..he..

Di dalam area Legoland, tampak sedang dibangun hotel, bangunannya warna warni dengan 249 kamar yang bertema pirate, kingdom dan adventure.

Setelah puas bermain, kami makan di area pertokoan Legoland yang terletak di depan pintu keluar. Kami makan nasi lemak dan minum teh tarik seharga RM 11....nikmat rasa nasinya.

JOHOR PREMIUM OUTLET
Berlokasi di Indahpura, Kulaijaya
Jam buka : setiap hari 10am-10pm
Transportasi : taxi dari Legoland ke Johor Premium Outlet (JPO) dengan biaya RM 75, dari JPO ke KSL Resort hotel juga sekitar RM 75.

JPO mulai dibuka Des 2011 di area yang cukup luas.
Dibandingkan Khao Yai Premium Outlet di Thailand yang saya kunjungi Oktober tahun lalu disini jauh lebih lengkap dan ramai pengunjung.
Di JPO terdapat 130 outlet branded mulai dari top branded sampai menengah, antara lain Armani, Coach, Calvin Klein, Aigner, Burberry, Bonia, Esprit, Elle, Charles&Keith, Levi's, Adidas, Nike, Clark, Vincci dan lainnya.
Harga barang-barangnya jauh lebih murah karena adanya diskon 25-65% dan menurut info, diskon terbanyak diberikan saat pergantian tahun...jadi kami datang di waktu yang tepat, saya mendapat dress Esprit dengan harga sekitar RM 54, bukan model terbaru tapi masih produksi tahun 2013.
Bagi penggemar tas Bonia, disini kita dapat membelinya dengan harga RM 300-500 an.

Tak terasa kami melihat-lihat di JPO sampai jam 7 malam, kaki pegal tak terasa dan langitpun masih cerah seakan masih menyambut kami untuk mengelilingi outlet lainnya yang belum kami datangi, tapi sudah cukuplah...dan acara di JPO kami tutup dengan makan soto di food court yang berlokasi dekat pintu masuk dan setelah itu kembali ke hotel.

HELLO KITTY TOWN & LITTLE BIG CLUB
Berlokasi di Puteri Harbour, Nusajaya, tidak jauh berkendara dari Legoland.
Tiket masuk : 1 park RM 75, 2 park RM 110
Jam buka : setiap hari 10am-6pm
Transportasi : Jika menginap di KSL Resort, naik taxi dari hotel ke Hello Kitty Town RM 55.

Kami kesini pagi hari setelah makan pagi dan mengunjungi para dinosourous di hotel kami menginap.
Kami naik taxi dari hotel kurang lebih 20 menit menuju Hello Kitty Town.
Di lokasi ini terdapat Hello Kitty Town di lantai 1 dan Little Big Club (Thomas & friend) di lantai 2, sedangkan di lantai dasar terdapat toko dan cafe.
Hello Kitty adalah kartun kreasi Sanrio yang sudah terkenal sejak saya masih anak-anak.
Tokoh ini imut, manis dan girly...tapi kalau diperhatikan, ada yang aneh.
Ada yang tahu apa anehnya?

Hello Kitty tidak memiliki mulut...tidak jelas apa maksud pembuatnya, beberapa dugaan negatif tentang latar belakang tokoh kartun ini juga pernah beredar...namun buat saya tokoh kartun yang sudah ada sejak saya kecil ini adalah tokoh yang manis dan hanyalah sebuah boneka yang menghibur.

Di Hello Kitty, kami berfoto-foto ria di Kitty House...ada kamar tidur, ruang main piano, kamar mandi (saya nekat foto di bathtub-nya si Kitty ini he...he...), ruang pakaian, dapur...benar-benar rumah bergaya Hello Kitty!
Kemudian kami ke ruangan aktivitas Wishful Studio. Walau kami bertiga bukan anak-anak bahkan bukan remaja, kami ikutan menghias kue Hello Kitty dan main sejenis lego yang bergambar kepala Hello Kitty...hasilnya dipanaskan/ di press oleh petugas dan kami boleh membawanya pulang. Di lokasi ini sebenarnya bisa pakai cat kuku ala Hello Kitty, tapi kami lewatkan.
Kemudian kami ke Black Wonder, di tempat ini Kitty dan temannya, Dear Daniel dipenjara, kita diminta untuk melepaskannya dengan menjawab pertanyaan di mesin dengan menempelkan lentera, lalu menyusun kata-kata.
Totally, kami salah jawab semua dan tidak berhasil mendapat sertifikat dan "melepaskan Kitty dari penjara"...kalah sama bocah, hu..hu..hu..
Apa sih pertanyaan yang membuat kami bertiga mati kutu tidak bisa menjawab... Ini salah satu pertanyaannya : Air mata Hello Kitty ada dimana? Mata kiri atau kanannya atau dimana?....He..he..he..kami bertiga tidak ada yang tahu.
Di lokasi Black Wonder, kesannya beda, gelap seperti gua, boneka kitty nya juga dari besi...cukup antik untuk berfoto ria.
Setelah itu kami tidak malu-malu berfoto memakai baju ala Hello Kitty di Kawaii Photo Center...tiga ibu-ibu jadi Hello Kitty tapi kami bertiga punya mulut yah (tidak seperti tokoh aslinya) yang bisa digunakan untuk tertawa manis di foto ini.
Foto ini tidak gratis, 4 foto seharga RM 100, agak mahal tapi karena patungan jadi tidak terlalu terasa...topiknya lagi niat jadi bocah!
Kemudian kami menonton pertunjukan tari dan nanyi dari Hello Kitty jam 11.30.

Setelah selesai, kemudian sambil menahan lapar, kami lanjut ke lantai 2, lokasi Thomas&friends. Disini ada permainan bombomcar, komedi puter yang berbentuk bus...kedua teman saya mencobanya.
Disini juga ada pertunjukan Barney, tapi kami tidak ikuti sampai habis karena sudah lapar.

Kami makan di Ajisen Ramen, yang letaknya diluar gedung Hello Kitty tapi masih dalam satu kompleks.

Dimana kita menginap kalau ke JB?
Kami memilih di KSL Resort, hotel ini masih baru, lokasi hotel terkoneksi dengan KSL Mall. Di seberang hotel juga ada pertokoan, tapi tampak sudah tua.
Kamar hotel bagus, makanan paginya enak dan ada kamar triple jadi cocok untuk kami bertiga.
Di hotel ini uniknya terdapat beberapa boneka Dinosorous besar di kolam renang hotel (pengunjung yang tidak menginap di hotel dikenakan tiket masuk RM 50), cukup menyenangkan buat anak-anak kecil tapi buat yang dewasa kurang seru...kami berharap dino nya bisa jalan bukan hanya bersuara sambil menggerak-gerakkan ekor dan tangan...tapi kalau beneran bisa jalan, kami pasti kabur juga, takut dikejar hi..hi..hi.. Anyway, ok lah kami bisa berfoto dengan boneka dino dan berlagak keluar dari cangkang telur bagaikan anak dino..he..he...
www.kslresorts.com.my

Sebaiknya menggunakan transportasi apa selama di Johor?
Selama kami berjalan-jalan di kota ini, kami tidak melihat banyak kendaraan umum walau di website Hello Kitty, Legoland dan JPO disebutkan rute-rute bis.
Kami memilih menggunakan taxi yang dapat dipanggil di loby hotel dengan harga yang sudah terdaftar di papan dekat depan pintu masuk lobby KSL Resort Hotel.

Note:

• Di Legoland dan JPO ada locker yang disewakan (di Hello Kitty Town saya tidak melihatnya), ada beberapa ukuran, sehingga bagi yang membawa tas besar atau hanya sekedar transit di JB (tidak menginap) dapat memanfaatkan penyewaan locker ini.
  • Di JB juga terdapat airport yaitu Senai Airport. Airasia ada penerbangan kesana satu kali sehari. Jadi pulang atau pergi via Senai Airport bisa dijadikan alternatif rute perjalanan.

Bagi kami bertiga, liburan ke JB kali ini membuat kami bernostalgia menjadi anak-anak...benar-benar melakukan sesuatu diluar rutinitas yang mantap menghilangkan kepenatan...dan belanja di JPO memberikan keseruan tersendiri.

Demikianlah cerita perjalanan kami di JB selama satu malam...cerita perjalanan kami di Singapore selama dua malam saya tulis di artikel berikutnya.