Selasa, 29 Juni 2010

Masalah Rambut Seri 1 – Rambut RONTOK

Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh stress, radiasi, pemakaian obat keras, ataupun keadaan setelah melahirkan. Oleh karena itu sedapat mungkin kita melakukan relaksasi untuk menghindari stress. Sedangkan efek radiasi dan obat keras tidak dapat dihindari, tapi efeknya berangsur-angsur akan hilang setelah pengobatan selesai. Saat hamil dan melahirkan, pemenuhan oksigen berpusat pada janin sehingga pasokan oksigen ke rambut menjadi berkurang dan mengakibatkan kerontokan.

Selain itu, rambut rontok dapat pula disebabkan karena faktor hormon.Pada pria, hormon androgen dapat pecah dan membentuk dehidrotestoteron (DHT). Hormon DHT ini dapat masuk ke dalam dan mengakibatkan folikel rambut menyusut. Folikel rambut yaitu tabung yang membungkus rambut dimana terdapat sel yang berfungsi untuk pertumbuhan rambut. Akibatnya, helaian rambut menjadi tipis dan mudah rontok. Ini salah satu penyebab mengapa kebotakan lebih banyak terjadi pada pria.

Penyebab lainnya karena demam tinggi, menyebabkan banyak helai rambut yang rontok bahkan bisa menimbulkan kebotakan. Malnutrisi juga menjadi faktor penyebab kebotakan.
Pada beberapa kasus, kerontokan rambut disebabkan karena alopesia, suatu gangguan sistem kekebalan tubuh. Penderita alopesia mengalami kerontokan rambut pada sebagian kulit kepala.

Cara mengatasi rambut rontok


Mengkonsumsi ikan salmon, hati, sereal, kedelai, pisang, wortel, kembang kol, atau hati dapat dilakukan karena mengandung zat biotin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Solusi lainnya adalah dengan mengkonsumsi obat yang dapat mencegah terbentuknya DHT dan dapat memicu pertumbuhan pada rambut. Atau Anda dapat menjalani hair laser yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke akar rambut dan menguatkan batang rambut.

Anda juga dapat menggunakan cara natural dengan menggunakan daun seledri atau wortel, sebagai masker rambut, berikut cara membuat dan memakainya.

Masker seledri
• 10 tangkai daun seledri ditumbuk hingga halus lalu dioleskan ke kepala secara merata setelah keramas.
• Bungkus kepala dengan handuk dan diamkan selama 1 jam.
• Bilas sampai bersih.

Masker wortel
• Ambil wortel secukupnya lalu di blender.
• Ambil airnya dan dioleskan ke kepala setelah keramas dan lakukan sedikit pemijatan.
• Diamkan semalaman.
• Bilas sampai bersih.

Demikian ulasan seri 1 tentang masalah rambut rontok dan akan kita sambung lagi di seri masalah rambut berikutnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi customer Hair Speak Salon dan juga pembaca sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar