Selasa, 22 Juni 2010

Tentang RAMBUT

Rambut adalah salah satu dari bagian anatomi tubuh kita yang tertata begitu sempurna. Rambut di kepala diberikan Tuhan kepada kita selain sebagai pelindung kepala dari panas dan lainnya, juga untuk mempercantik kita. Warna rambut juga berbeda-beda disesuaikan dengan warna kulit kita, orang asia berambut hitam (kecuali asia tengah ada yang berambut pirang), orang eropa yang tinggal di sepanjang laut baltik berambut pirang. Tekstur rambut lurus, berombak, keriting juga dibuatNya untuk memperkaya penampilan ciptaanNya.

Berikut adalah ulasan singkat tentang rambut di kepala.



  • Jumlah rambut di kepala manusia sekitar 100.000 helai rambut. Masa bertumbuh setiap helai rambut hanya antara 2 hingga 6 tahun, kemudian rontok. Lalu pada pori-pori yang sama, rambut baru mulai tumbuh. Siklus kehidupan sehelai rambut disebut siklus rambut.


  • Siklus rambut dimulai dari fase pertumbuhan, fase transisi yang pendek, dan fase istirahat. Rambut berhenti bertumbuh selama tiap-tiap fase istirahat. Fase pertumbuhan terdiri atas fase pertumbuhan awal dan fase pertumbuhan aktif. Setelah itu, ada fase transisi, lalu fase istirahat. Rambut tetap berada dalam folikel yang beristirahat hingga fase pertumbuhan berikutnya.


  • Pada fase pertumbuhan berikutnya, rambut yang sudah beristirahat akan didorong keluar dari pori-pori kulit kepala. Hal ini yang menyebabkan rambut rontok. Bagi orang yang tidak memiliki masalah rambut, setiap hari sekitar 70 hingga 100 helai rambut rontok secara alami. Rambut tumbuh lebih dari 10 milimeter per bulan. Itu sebabnya rambut merupakan bagian tubuh yang paling cepat tumbuhnya. Panjang pertumbuhan seluruh helai rambut di kepala Anda bisa mencapai 20 meter per harinya.

Jika kita renungkan, rambut di kepala kita yang hanya salah satu bagian kecil dari tubuh kita saja sudah begitu diciptakanNya dengan sempurna dan unik, apalagi dengan ciptaan lainnya, fungsi seluruh organ tubuh kita yang kompak lebih menakjubkan (tangan tidak pernah “iri” dengan “kaki” dan sebaliknya, masing-masing menjalankan fungsinya dengan baik), wajah manusia tidak ada yang 100% identik padahal manusia sudah begitu banyaknya, belum lagi Dia membuat ciri khas tertentu pada sekumpulan orang sesuai suku dan bangsanya, tanaman juga dibuatNya banyak macam, pohon kaktus di salon kami saja sudah ada puluhan macam.

......teringat pelajaran fashion design yang mengajarkan untuk mengamati ciptaanNya mulai dari bentuk daun sampai motif kulit hewan supaya bisa berkarya membuat siluet dan motif yang baru. Jadi ciptaanNya juga menjadi sumber inspirasi bagi kita berkarya.

Praise the Lord, The Best Creator. And take care of our hair, one of His imaging creation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar